Cara Menggabungkan Teks dan Angka di Excel

Neicy Techno – Cara menggabungkan teks dan angka di Microsoft Excel menggunakan rumus fungsi CONCATENATE, Teknik ini sangat mudah digunakan.

Menggunakan rumus fungsi CONCATENATE untuk menggabungkan teks, angka atau data dalam referensi sel bisa diselesaikan dengan mudah. Rumus fungsi ini bisa digunakan dengan menggunakan data dalam sel atau dikombinasikan dengan data lainnya.

Dalam penggunaannya, Rumus fungsi CONCATENATE bisa digunakan untuk menggabungkan data tempat dan tanggal lahir. Jadi, Anda bisa mengkombinasikan teks dengan angka sehingga menjadi informasi yang lengkap.

Cara Menggabungkan Teks dan Angka di Microsoft Excel

Rumus fungsi CONCATENATE menjadi salah satu rumus fungsi yang sangat penting dalam dunia perkantoran modern, Menggabungkan data bisa lebih mudah.

Menggunakan rumus untuk menggabungkan teks atau angka bisa mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Tutorial ini bisa digunakan untuk menggabungkan banyak data sekaligus dan kemudian menggunakan Fill Handle untuk mengisi sel berikutnya dengan rumus yang sama.

Microsoft Excel menyediakan banyak rumus fungsi sederhana yang sangat penting, Semuanya bisa dipelajari dengan mudah.

Cara Menggunakan Rumus CONCATENATE Pada Excel

Bagaimana cara menggunakan rumus fungsi CONCATENATE di Excel?,

Menggabungkan teks dan huruf atau mungkin data dalam referensi sel bisa menggunakan fungsi CONCATENATE dengan penulisan umum:

=CONCATENATE(text1, [text2], …)

Penulisan rumus fungsi di atas bisa diaplikasikan ke dalam referensi sel ataupun text secara langsung. Anda bisa menggunakan teks ataupun angka untuk dijadikan sebagai bagian dari rumus tersebut.

Cara Menggabungkan Teks dan Angka di Excel Menggunakan Rumus CONCATENATE

  1. Buka Microsoft Excel dan buatkan Workbook baru (atau gunakan file yang sudah ada).
  2. Siapkan data yang akan digabungkan. Sebagai contoh, Perhatikan gambar di bawah ini:
    Cara Menggabungkan Teks dan Angka di Excel Menggunakan Rumus CONCATENATE
    Keterangan:
    Buatkan beberapa teks pada sel yang berbeda. Sebagai contoh: Masukan nama depan, nama belakang dan usia. Teks dan angka tersebut akan digabungkan menggunakan rumus fungsi CONCATENATE.
  3. Kemudian gunakan rumus CONCATENATE pada sel E3 (Perhatikan gambar di atas).
    Aktifkan sel E3, Kemudian masukan rumus berikut ini:
    =CONCATENATE(B3,” “,C3,” “,D3)

    **Jika rumus diatas tidak berfungsi ketika di copy paste, Maka anda harus mengetik secara manual rumusnya.
  4. Setelah selesai memasukan rumusnya, Tekan tombol Enter.
  5. Gunakan teknik Fill Handle/Auto Handle untuk mengisi bagian bawahnya dengan rumus yang sama.
  6. Selesai.

Tutorial di atas menggunakan referensi sel untuk menggabungkan data-nya, Fungsi CONCATENATE digunakan untuk menggabungkan angka dan teks yang berada pada masing-masing sel.

Rumus CONCATENATE bisa digunakan untuk menyelesaikan banyak data sekaligus, Kemudian semua data yang harus digabungkan bisa menggunakan teknik fill handle/auto handle untuk menyelesaikan bagian baris atau kolom berikutnya.

Jadi, Seperti dalam tutorial di atas. Anda bisa menuliskan rumus pada sel pertama dan menggunakan teknik auto handle untuk mengisi bagian bawahnya dengan rumus yang sama. Semua itu bisa mempermudah dan mempercepat kinerja dalam menggabungkan data pada sel excel.

Pelajari Juga: