Cara Membuat Buku Kas Harian di Excel (Download File)

Neicy Techno – Membuat Buku Kas Harian di Excel bisa mempermudah anda dalam pengisian data keuangan yang diperlukan. Dengan Aplikasi Buku Kas Excel, Pengisian Saldo akan dibuat secara otomatis sesuai dengan Debet dan Kredit yang dimasukan. Jadi aplikasi ini akan sedikit mirip dengan sistem tabungan di Bank.

Buku Kas harian merupakan sesuatu hal yang sangat penting untuk dimiliki suatu toko, perusahaan ataupun pribadi. Anda bisa membuat laporan keuangan harian, Mingguan ataupun bulanan menggunakan aplikasi buku kas ini. Dengan adanya Buku Kas, Laporan pemasukan dan pengeluaran akan tertulis dengan sangat Rapi serta memiliki informasi yang jelas.

Contoh Format Buku Kas Untuk Laporan Keuangan

Disini saya akan memperlihatkan Format Buku Kas harian yang di Poin berikutnya akan dijelaskan cara pembuatannya. Perhatikan gambar berikut ini:

Contoh Format Buku Kas

Perhatikan gambar diatas, Dalam Aplikasi Buku Kas yang akan dibuat terdapat beberapa point yang harus ada dalam tabel. Dalam Buku Kas terdapat Keterangan (Judul), Tanggal, Keterangan Pemasukan/Pengeluaran, Debet, Kredit dan Saldo.

Untuk pengisiannya, Anda hanya perlu memasukan tanggal, Keterangan pemasukan/Pengeluaran, Debet dan Kredit saja. Sedangkan “SALDO” akan terisi secara otomatis sesuai dengan Debet atau Kredit yang dimasukan.

Cara Membuat Buku Kas Harian Sederhana di Excel

Setelah melihat Contoh Format Buku kas, Maka langkah selanjutnya adalah mempelajari cara pembuatannya. Disini Saya menggunakan Aplikasi Microsoft Excel dengan rumus Fungsi IF dan AND.

Cara Membuat Buku Kas Otomatis di Excel

  1. Buka Aplikasi Ms. Excel di Komputer atau Laptop anda.
  2. Buatkan Workbook baru, Kemudian Buat Tabel seperti pada gambar dibawah ini:
    Cara Membuat Buku Kas Otomatis di Excel
    Perhatikan Gambar diatas:
    – Buatkan suatu tabel dengan Judul “BUKU KAS“. Kemudian Tambahkan Judul Kolom Tanggal, Keterangan, DEBET, KREDIT dan SALDO.

    – Pada Bagian Kolom Tanggal Gunakan Format Number Date. Sedangkan untuk bagian DEBET, KREDIT dan SALDO Gunakan Format Number Accounting (RP Indonesia).

    **Gunakan Alamat Sel yang sama seperti pada Contoh diatas. Jika Berbeda, Maka Rumus yang digunakannya juga akan berbeda.**
  3. Setelah membuat Tabel beserta Desain awalnya (Seperti contoh diatas). Maka langkah selanjutnya adalah memasukan Rumus pada Kolom Saldo agar bisa terisi secara otomatis.
  4. Menggunakan Rumus Pada Bagian Saldo:
    Buku Kas Harian untuk laporan keuangan
    Keterangan Gambar:
    Aktifkan Sel F4 Kemudian masukan Rumus berikut ini:
    =D4

    Aktifkan Sel F5 Kemudian Masukan Rumus Berikut ini:
    =IF(AND(D5=””,E5=””),””,F4+D5-E5)

    Setelah Itu, dibagian Sel F5 gunakan Fungsi Auto Handle untuk mengisi bagian bawahnya dengan rumus yang sama.
    Membuat buku kas sederhana
  5. Setelah itu, Isi bagian Debet dan Kredit-nya. Jika berhasil, Maka Bagian Saldo akan terisi secara otomatis.
  6. Selesai.

Aplikasi Buku Kas Sederhana diatas bisa anda buat menggunakan Fungsi yang sederhana. Bagaimana cara penggunaannya?? Setelah mengikuti Tutorial diatas, Anda sudah berhasil membuat Aplikasi Buku Kas Sederhana. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu memasukan keterangan pemasukan/pengeluaran, DEBET (Uang masuk) dan KREDIT (Uang Keluar). Untuk bagian Saldo akan terisi secara otomatis.

Download Aplikasi Buku Kas Harian Sederhana Untuk Laporan Keuangan

Anda bisa mengunduh File aplikasi buku kas diatas untuk bahan belajar. Dowload FIle Excel-nya disini:

Download Aplikasi Buku Kas Sederhana

Catatan: Saya sarankan untuk menggunakan Laptop atau komputer untuk Mengunduh File diatas. Jika menggunakan HP, Maka anda harus menggunakan Google Chrome untuk memudahkan proses downloadnya.

Pelajari dan Download Aplikasi serta Materi Ms. Office disini:

Baca Juga:

- Cara Mengurutkan Ranking di Excel

- Rumus Excel Penjumlahan dan Pengurangan dalam Satu Kolom

- 5 Aturan Penulisan Rumus Excel (Elemen-Elemen Formula)

Tinggalkan komentar